Dalam dunia teknik terdapat banyak sekali cabang ilmu yang harus dipelajari. Salah satu cabang ilmu tersebut adalah Ilmu Metalurgi. Mungkin diantara sobat nesia masih asing dengan Ilmu Metalurgi karena memang belum banyak yang memiliki minat dan fokus pada bidang ilmu ini. Padahal bidang ilmu ini banyak memiliki manfaat khususnya pada dunia teknik logam. 

Kata Metalurgi berasal dari bahasa Yunani Metallougos yang merupakan istilah yang digunakan oleh ahli kimia untuk mendeskripsikan ekstraksi logam dari mineral. Ilmu Metalurgi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Lebih sederhananya dalam dunia Ilmu Metalurgi itu mengelola logam dari awal tambang hingga diproses menjadi barang jadi. 

Bidang Ilmu Metalurgi terbagi menjadi Metalurgi Besi-Baja (ilmu logam hitam) dan Metalurgi bukan Besi-Baja (ilmu logam aneka warna). Saat ini Ilmu Metalurgi tidak hanya fokus pada ekstraksi logam saja, namun juga tentang produksi logam hingga pengerjaan serta pengolahannya. Bahkan saat ini banyak Universitas atau Perguruan Tinggi yang membuka bidang studi khusus untuk mempelajari ilmu ini. 

Namun memang dibandingkan bidang ilmu keteknikan lain, Teknik Metalurgi memang sedikit kurang populer. Meski begitu, bukan berarti lulusan Teknik Metalurgi tidak memiliki tempat di busa kerja. Lulusan Teknik Metalurgi justru dapat bekerja di berbagai bidang industri seperti otomotif, elektronik, pertambangan, penerbangan, transportasi, semen, hingga pupuk sekalipun membutuhkan keahlian yang spesifik dibidang Metalurgi.

Putra Sari Logam sangat terbuka untuk teman-teman Perguruan Tinggi, SMA/SMK, maupun rekan-rekan dari instansi lain yang ingin melakukan Kunjungan Industri. Bagi yang ingin melakukan penelitian guna keperluan pendidikan, CV. Putra Sari Logam juga membuka kesempatan yang luas untuk kamu lohhh. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kontak di bawah ini yaaa

 

 CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

Telp. : (0272) 551 480 

Whatsapp  : +628 13-9300-6025, +62 812-2668-80986

E-mail  : [email protected]

 

Komentar dinonaktifkan